Makassar- Di era digital sekarang siapa yang tidak mengenal aplikasi Tiktok ? Tiktok adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform video music dimana pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung.
Terbukti dengan banyaknya Influencer yang meraup keuntungan dari platform ini. Dari hasil FGD yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas Makassar kelas Digital Marketing yang dimentori langsung oleh konsultan bisnis terkenal Seftian Chow.
Di Makassar disimpulkan ternyata terdapat 3 Influencer yang paling menarik dalam membuat konten sehingga meraup keuntungan dan kepopularitasan di platfrom ini.
Berikut 3 Influencer terbaik asal Makassar, Musil (@musiil) menduduki posisi ketiga sebagai top 3 Influencer. Tiktok asal Makassar dengan ciri khas konten yang disajikan lucu dan ceria dibuktikan dengan 445, 2RB penggemar, jumlah viewers konten terbanyak 33, 7M.
Anggu Batary (@anggubatary) menduduki posisi kedua dengan ciri khas kontennya yang fashionable dan stylish dibuktikan dengan 744, 8RB penggemar, jumlah viewers konten terbanyak 4, 7M.
Peringkat pertama diraih Arif Brata (@ariifbrata), jebolan stand up comedy asal Limbung Gowa dengan ciri khas konten komedi ini memperoleh 841, 6RB penggemar dengan jumlah viewers konten terbanyak 16, 1 M.
Menurut Tenri, salah satu penggemar Arif Brata mengatakan, kontennya lucu dengan logat Makassar dan sangat menghibur.
Tiap bulan tentunya ada perubahan ranking yang terjadi, ini dikarenakan algoritma Tiktok yang berubah dan jumlah pengguna Tiktok yang semakin banyak.
Pasang surut jumlah followers tentu memiliki dampak yang luar biasa terhadap akun mereka, semakin banyak maka semakin sering juga bakal mendapatkan endorse dan tawaran kerjasama dari berbagai Brand.
Bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya melalui platform digital direkomendasikan 3 Influencer diatas.